Kyai Hasyim Muzadi, Sosok Ulama yang Mantan Politisi PPP

Written by Fat Haryanto. Posted in Liputan Media

JAKARTA, HarianBernas.com - Partai Persatuan Pembangunan (PPP) adalah partai yang pernah disinggahi KH Hasyim Muzadi puluhan tahun silam saat menjadi politisi dan anggota DPRD Jawa Timur. Hal  itu diungkapkan Ketua Fraksi PPP DPR, Reni Marlinawati di Jakarta, Jumat (17/3/2017).

“Dalam perjalanan hidupnya, Abah Hasyim juga pernah berkiprah di PPP dengan menjadi anggota DPRD Provinsi Jawa Timur dari Fraksi PPP,” ujarnya.

Boleh jadi, PPP amatlah kehilangan sosok Kyai Hasyim yang santuh dan teduh kala berutur kata. Menurut Reni, Kyai Hasyim ulama perekat umar dan mengayomi lapisan masyarakat. Sehari-harinya, kata Reni, Kyai Hasyim mengisi dengan pikiran dan usaha bagi kemajuan islam dan Indonesia.

Kiprah Hasyim, kata anggota Komisi X DPR itu tak diragukan lagi dikancah internasional. Menurutnya promosi Islam moderat di Indonesia telah beliau bawa dalam forum-forum internasional. Sebuah langkah yang patut diteruskan oleh kalangan aktivis Islam Indonesia. 

“Satu ciri lainnya yang hampir semua bersepakat, beliau memiliki humor yang renyah dan bernas. Keterampilan komunikasi yang tidak semua orang miliki,” katanya.

Kendati pernah menjadi politisi, namun tak mengurangi figure Kyai Hasyim sebagai ulama. Menurutnya penerus Kyai Hasyim pun bakal menggelorakan keislaman dan keindonesiaan yang moderat. “Islam yang tidak berpaham liberal juga Islam yang tidak berpaham konservatif,” pungkasnya.

Tanggal: 17 Maret 2017

Sumber: https://www.harianbernas.com/berita-35596-Kyai-Hasyim-Muzadi-Sosok-Ulama-yang-Mantan-Politisi-PPP.html