Nah! Insiden Bendera Terbalik Harus Jadi Pelecut Atlet Indonesia di SEA Games 2017

Written by Fat Haryanto. Posted in Liputan Media

JAKARTA - Insiden terbaliknya Bendera Merah-Putih di booklet SEA Games 2017 ditanggapi Pemerintah Malaysia dengan permohonan maaf. Hal tersebut disampaikan secara langsung oleh Menteri Belia dan Sukan Khairy Jamaluddin sudah menyatakan permintaan secara langsung kepada Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Imam Nahrawi.

Anggota Komisi X DPR RI Reni Marlinawati mengimbau, insiden tidak menyenangkan ini hendaknya menjadi pelcut agar para atlet Indonesia menunjukkan prestasi gemilang pada ajang SEA Games 2017, yang digelar di Kuala Lumpur, Malaysia.

"Kami berharap kepada seluruh atlet SEA Games dari Indonesia menjadikan persoalan bendera terbalik ini sebagai cambuk dan menunjukkan marwah Indonesia melalui jalur olahraga untuk menjadi juara umum dalam hajatan SEA Games ini," kata Reni dalam keterangan tertulis, Senin (21/8/2017).

Reni mengatakan, peristiwa ini seperti melengkapi serangkaian tindakan tak menyenangkan lain yang pernah dilakukan Malaysia kepada Indonesia. Diantaranya karya seni dan budaya Indonesia yang diakui dan perlakuan terhadap Tenaga Kerja Indonesia (TKI).

Menurutnya insiden ini sedikit merusak ajang SEA Games yang bertujuan memupuk persahabatan dan sportifitas negara-negara anggota ASEAN.

"Hal ini mencederai hajatan SEA Games yang dimaksudkan untuk meningkatkan persahabatan antarnegara melalui olahraga namun justru menimbulkan ketidaknyamanan satu dengan lainnya. Semestinya Malaysia dapat memegang prinsip saling menghargai antarnegara satu dengan lainnya. Insiden ini jelas menciderai prinsip tersebut," ujar dia.

Namun ia berpesan agar publik tak terpancing amarah karena insiden yang seharusnya tak terjadi ini. "Jangan sampai persoalan bendera terbalik ini membangkitkan amarah rakyat Indonesia atas berbagai tindakan yang membuat kita tidak nyaman," kata Reni.

Tanggal: 21 Agustus 2017

Sumber: https://news.okezone.com/read/2017/08/21/337/1759565/nah-insiden-bendera-terbalik-harus-jadi-pelecut-atlet-indonesia-di-sea-games-2017