Merah Putih Terbalik, Kelakuan Malaysia Memang Kebangetan

Written by Fat Haryanto. Posted in Liputan Media

Merah Putih Terbalik, Kelakuan Malaysia Memang Kebangetan - JPNN.COM

jpnn.com, JAKARTA - Pencetakan bendera Merah Putih dalam booklet SEA Games 2017 Kuala Lumpur dengan posisi terbalik terus mengundang protes. Anggota Komisi X DPR yang membidangi olahraga, Reni Marlinawati menilai Malaysia sebagai tuan rumah SEA Games 2017 bertindak tak pantas.

"Hal ini mencederai hajatan SEA Games yang dimaksudkan untuk meningkatkan persahabatan antarnegara melalui olahraga, namun justru menimbulkan ketidaknyamanan satu dengan lainnya," ucap Reni melalui pernyataan sikapnya, Minggu (20/8).

Ketua Fraksi PPP DPR itu mengatakan, semestinya Malaysia memegang prinsip saling menghargai antarnegara satu dengan lainnya. Sedangkan insiden itu jelas mencederai prinsip saling menghargai.

Karena itu Reni mendesak Malaysia mintaaf dan segera menarik seluruh brosur SEA Games yang memuat bendera Merah Putih dalam kondisi terbalik. Selain itu, katanya, Pemerintah Malaysia juga harus memberi sanksi yang tegas kepada pihak penyelenggara yang telah lalai sehingga mengakibatkan Indonesia merasa tercederai dan tak nyaman.

Wakil ketua umum PPP tersebut menambahkan, peristiwa ini melengkapi serangkaian tindakan yang pernah Malaysia lakukan kepada Indonesia. Misalnya klaim berbagai seni dan budaya asal Indonesia, serta perlakuan terhadap TKI.

"Jangan sampai persoalan bendera terbalik ini membangkitkan amarah rakyat Indonesia atas berbagai tindakan yang membuat kita tidak nyaman," tegasnya seraya mengharapkan atlet SEA Games asal Indonesia tetap fokus bertanding sehingga bisa menjadi juara umum di ajang olah raga negara-negara Asia Tenggara itu.

Tanggal: 20 Agustus 2017

Sumber: http://www.jpnn.com/news/merah-putih-terbalik-kelakuan-malaysia-memang-kebangetan