Komisi X Apresiasi Atas Sarpras SMK Padang

Written by Fat Haryanto. Posted in Liputan Media

Pendidikan vokasi  merupakan pendidikan untuk penguasaan pengetahuan dan keterampilan yang memiliki nilai ekonomis. Karena itu fokus Kunjungan Spesifik Komisi X ke Sumatera Barat adalah pengawasan terhadap SMK- SMAK Padang.

 

Ketua Tim Kunspek Komisi X  DPR Reni Marlinawati menyatakan  surprise melihat sarana dan prasarana pendidikan SMK- SMAK Padang yang luar biasa bagus serta para siswa dan siswinya yang sangat produktif.

 

Hal ini disampaikannya saat memimpin Tim Kunspek Komisi X DPR RI ke Padang, Sumatera Barat. "Kami bangga ternyata output atau lulusan dari sekolah ini langsung terserap pasar kerja, kami mendorong sangat progresif terhadap program pemerintah dalam rangka membangun SMK," kata Reni di SMK Negeri Analis Kimia Padang, Sumatera Barat. Kamis (19/7-2018).

Menurutnya, jumlah siswa SMK dan SMA hampir seimbang, karena SMK merupakan jenjang pendidikan yang memastikan bahwa lulusannya siap kerja. "SMK analis kimia padang lulusannya terserap di daerah kemudian di level nasional bahkan juga ke luar negeri, ini patut diapresiasi," jelas politisi PPP ini.

 

Dia menambahkan, SMK ini sudah berdasarkan standar nasional yang ditetapkan, artinya quality Insurance yang dibangun di SMK ini sudah luar biasa baik. "Saya sangat bangga  kepada Kepala Dinas Pendidikan Padang dan Kepala Sekolah atas proses belajar yang ada di SMK ini, ada sembilan skema yang di Analis Kimia tad  sangat baik," tegasnya.

 

Lebih lanjut Reni mengatakan, ketika pembangunan ditingkatkan ternyata memang belum seiring dengan kesiapan pendidik dan tenaga kependidikannya. Banyak SMK yang tidak seperti SMK- SMAK Padang, gedungnya bagus tetapi tenaga pengajarnya belum memadai, dan berbagai fasilitasnya kurang baik.

 

"Untuk itu, Komisi X fokus melihat langsung perbandingan bagaimana SMK yang sudah tertata berjalan baik dengan SMK- SMK berbagai daerah yang masih kurang. Memang SMK seperti ini baru ada di Padang, Makassar dan Bogor. Jadi tidak menutup kemungkinan kita akan mendorong pembangunan SMK- SMK sejenis dan untuk dijadikan rule model," tutupnya. (rif,mp)

Tanggal: 20 Juli 2018

Sumber: http://www.dpr.go.id/berita/detail/id/21386/t/Komisi+X+Apresiasi+Atas+Sarpras+SMK+Padang