Pimpinan Komisi X: Asian Games Ajang Kebangkitan Olahraga Indonesia

Written by Fat Haryanto. Posted in Liputan Media

Jakarta - Capaian medali emas Indonesia di ajang Asian Games ke-18 melampaui target yang diberikan. Wakil Ketua Komisi X DPR RI-Fraksi PPP Reni Marlinawati mengapresiasi usaha para atlet dan menyebut prestasi yang diraih sebagai ajang kebangkitan olahraga Indonesia untuk dunia.

Reni mengatakan, ada beberapa sukses yang diraih Indonesia dalam perhelatan pesta olahraga terbesar di Asia ini. Pertama, dia menilai penyelenggaraan Asian Games oleh Indonesia sejauh ini berjalan mulus dan baik.

"Untuk penyelenggaran sejauh ini tidak ada hal yang krusial mengganggu proses jalannya acara. Dan mudah-mudahan sampai penutupuan," kata Reni saat berbncang dengan detikcom, Senin (27/8/2018).
Kedua, kata Reni, sukses dalam prestasi yang diraih oleh para atlet. Hingga Senin (27/8) malam, sudah 22 emas diraih Indonesia dalam ajang Asian Games. Raihan ini menempatkan Indonesia di posisi ke-4 untuk sementara.

"Sukses di prestasi. Dari 14 cabang olahraga andalan dan target 16 emas serta masuk 10 besar, alhamdulillah semuanya sudah kita lampaui. Malah, ada beberapa yang tidak ditarget emas ternyata berhasil memperoleh emas, sepeti tenis. Dan raihan ini melampaui target," katanya.


Selain itu, lanjut Reni, Asian Games yang digelar di Jakarta dan Palembang ini dia nilai juga sukses menggairahkan perekonomian rakyat. Dia melihat banyak pedagang kecil yang menjajakan berbagai macam pernak-pernik bertema Asian Games. Daganga ini 'laris manis' diserbu warga.

"Perhelatan ini sukses dalam memberdayakan ekonomi masyarakat. Kalau melihat antusias masyarakat, termasuk saya sendiri membeli kaos sampai kehabisan. Yang jual cindera mata juga laku banget. Ada juga pertukaran uang asing dari para atlet di lokasi pertandingan sangat tinggi. Artinya, pergerakan ekonomi telah terjadi,"jelasnya.

Dia juga menilai, administrasi perhelatan Asian Games mulai dari awal hingga pelaksanaannya kini juga dinilainya berhasil. Namun dia berharap, jangan sampai ada 'kisah tak enak' di akhir acara, yakni adanya pelanggaran administrasi.

"Jangan sampai ada 'kisah cinta' seperti yang sebelumnya dalam perhelatan PON beberapa tahun lalu," katanya.


"Kita harapkan semuanya sesuai yang direncanakan. Jadi menurut saya nyaris 85 persen sudah sukses. Tinggal nanti penutupan, penyempurnaannya," katanya.

Politikus PPP ini juga menilai, prestasi yang diraih Indonesia dalama Asian Games kali ini menjadi ajang bangkitnya olahtraga Indonesa di mata dunia.

"Jadi saya ingin katakan bahwa Asian Games kali ini jadi momentum kebangkitan olahraga nasional dalam kancah dunia. Bahwa hari ini telah lahir bibit-bibit sangat potensial. Telah lahir prestasi yang sangat gemilang. Agar prestasi ini tetap bertahan dan berkembang dengan baik, maka perlu satu ekosistem yang baik," katanya.

"Jadi ini luar biasa, pesta besar, pesta olahraga terbesar kedua di dunia dengan jumlah penonton yang sangat banyak, dan pembukaannya saja jadi trending topik dunia. Tinggal nanti penutupannya untuk menyepurnakan," tambahnya.

Tanggal: 28 Agustus 2018

Sumber: https://news.detik.com/berita/d-4185441/pimpinan-komisi-x-asian-games-ajang-kebangkitan-olahraga-indonesia