Anggota DPR Serahkan Bantuan Mosam

Written by Fat Haryanto. Posted in Kabar Dapil

FOTO4SUKABUMI – Anggota Komisi X DPR RI Reni Marlinawati menyerahkan bantuan 30 unit motor pengakut sampah bagi desa dan kelurahan di Kota dan Kabupaten Sukabumi, kemarin (19/10). Bantuan itu merupakan realisasi dari aspirasi yang ditampung. Aspirasi itu diteruskan ke Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, sehingga akhirnya bisa mendapatkan bantuan tersebut.

“Bantuan motor pengangkut sampah ini bertujuan sebagai membantu opersionalisasi mengatasi persoalan sampah yang terjadi di Kota dan Kabupaten Sukabumi, terutama di tingkat kelurahan dan desa,” ujar Reni yang juga Ketua Fraksi Partai Persatuan Pembangunan (PPP).
Bantuan motor sampah sementara ini hanya diberikan untuk 15 desa. Sisanya akan menyusul. “Hari ini (kemarin), kita baru serahkan setengahnya dulu karena ada beberapa hal sehingga tidak bisa diberikan sekaligus,” terang Reni.

Ke 15 desa itu yakni Desa Buniwangi di Kecamatan Palabuhanratu, Desa Cimaja di Kecamatan Cikakak, Desa Tarisi di Kecamatan Warungkiara, Desa Sukaraja di Kecamatan Sukaraja, Desa Sagaranten di Kecamatan Sagaranten, Desa Pulosari di Kecamatan Kalapanunggal, Desa Mekarsakti di Kecamatan Ciemas, Desa Nagrak di Kecamatan Cisaat, Desa Caringin Nunggal di Kecamatan Waluran, Desa Caringinwetan di Kecamatan Caringin, Kelurahan Cikole di Kecamatan Cikole Kota Sukabumi, Desa Kalapanunggal di Kecamatan Kalapanunggal, Yayasan Darul Ahkam Desa Gunungendut di Kecamatan Kalapanunggal, dan Yayasan Roudlotul Ulum Desa Citamiang di  Kecamatan Kadudampit. “Selain diberikan langsung ke desa dan kelurahan, bantuan motor pengangkut sampah ini juga diserahkan kepada yayasan,” imbuhnya.

Reni berharap bantuan ini mampu menciptakan wilayah Kota dan Kabupaten Sukabumi tanpa sampah. Sehingga tidak terjadi lagi penumpukan sampah yang mengakibatkan berbagai dampak negatif. “Ya, mudah-mudah pola hidup masyarakat dan kesadaran hidup bersih kian terpacu. Kalau mengandalkan penanganan sampah melalui bantuan saja jelas kurang efektif. Kembali lagi kesadaran masyarakat dalam mengatasi persoalan sampah di wilayahnya,” tandasnya.(mg1)

Tanggal: 20 Oktober 2017

Sumber: https://sukabumiekspres.com/anggota-dpr-serahkan-bantuan-mosam/